Mengenang Paus Yohanes Paulus II

khatamipope1.jpgMeskipun Muslim, tapi saya melihat sosok almarhum Paus Yohanes Paulus II sebagai sosok yang cinta damai dan juga sebagai orang yang membuktikan prinsip cinta damainya itu selama ia hidup di dunia.

Dia telah memaafkan perbuatan seorang penembak Muslim (yang berasal dari Turki), tanpa menuntut apapun darinya. Dia tidak pernah berbicara hal-hal yang bisa mempertegang hubungan antara umat Katolik dan umat Muslim.

popeshooter.jpgDia membela hak-hak bangsa Palestina, meski dikecam pihak-pihak Zionis. Setiap terjadi konflik di suatu negara, dia akan mampir kesana dan mengingatkan pentingnya mencintai kedamaian.

Saya juga teringat sebuah kalimat indah yang pernah diucapkannya yang kurang lebih adalah sebagai berikut (mohon maaf kalau saya salah): “Ya Tuhan, pertemukanlah bumiMu dengan SorgaMu”.

Salah satu hal lain yang pernah dihidupkan kembali olehnya semasa dia menjabat sebagai Paus (sejauh yang saya ketahui sebagai Muslim) adalah devosi kepada Maria (Sayyidah Maryam as) bagi semua umat Katolik. Yaitu dengan meneladaninya sebagai bunda yang dicintai.

Sungguh ironis bagi kaum Muslim yang memiliki figur seorang wanita terpuji atau Sayyidatun nisa’ al’alamin, yakni Sayyidah Fathimah Zahra as, putri Rasulullah saw sendiri. Namun, tak ada seorangpun yang mengingat keutamaan dan jasanya (alih-alih meneladaninya), kecuali sedikit saja di antara kaum Muslim.

popekhatami2.jpg

Di hari yang penuh berkah ini, karena (secara kebetulan) ia juga bertepatan dengan kelahiran putri baginda Muhammad saw, yaitu Fathimah Az-Zahra as, maka saya ingin mempersembahkan dua persepsi yang berbeda, dimana yang pertama adalah devosi yang mendalam oleh umat Kristiani kepada Maryam as.

Sedangkan persepsi yang kedua adalah: bahwa tak lama setelah Nabi saw wafat, maka warisan Sayyidah Fathimah as disita oleh khalifah pertamanya kaum Muslim (lihat kisah lengkapnya di dalam Sahih Bukhari seputar kasus tanah Fadak).

zahra1.jpgKemudian, suami Fathimah as yakni Imam Ali as dibunuh oleh umat Muslim sendiri. Lalu putra sulungnya, ImamHasan as diracun atas perintah Muawiyah bin Abu Sufyan, sedangkan cucunda Nabi Muhammad saw yang juga buah hati Fathimah as ini dibantai oleh umat Muslim di Karbala secara sadis…

Ironis bukan?

Celakanya lagi…!! Tak banyak umat Muslim yang mau peduli dan bangkit membela hak-hak mereka?

Di satu sisi, kita mengaku cinta kepada Nabi Muhammad saw, sedangkan di sisi yang lain, kita “membenarkan” perbuatan orang-orang yang menyakiti hati Nabi saw dan Ahlulbaitnya…

Semoga kita bisa semakin mendewasakan diri, teruatama dalam hal keimanan dan kecintaan kita kepada Baginda Nabi saw dan Ahlulbaitnya…

_______________________________________________________________

Devosi kepada Maria

Orang-orang dalam Pembaruan Karismatik Katolik bersama- sama dengan seluruh Gereja secara penuh menerima bahwa devosi yang sejati kepada Maria merupakan kanmia penting dari Roh Kudus bagi orang Kristiani. Roh Kudus menggerakkan devosi kepada Maria dan devosi yang benar kepada Maria memupuk kepatuhan kepada Roh Kudus.
Narnun demikian perlu senantiasa diusahakan melalui ajaran dan teladan bahwa devosi kepada Maria ‘diatur dengan benar’, sebagaimana Paus Paulus VI mengatakannya dalam surat apostolisnya Marialis Cultus (penghormatan kepada Maria). Devosi sejati kepada Maria terdiri dari tiga unsur ini :

  • memperingati apa yang diajarkan Gereja tentang dia.
  • meniru keutamaannya yang menonjol, yaitu keutamaan iman, harap dan kasih dan keterbukaannya yang berani kepada kehendak Allah.
  • memohon bantuan keibuannya imtuk kebutlihan-kebutuhan kita.

Devosi yang benar akan memupuk ingatan akan Perawan Maria sebagai ‘contoh dan model’ Gereja dan pelaksanaan tertinggi nilai-nilai injil (Sabda Bahagia dsb).

SOLEMNITY OF THE IMMACULATE CONCEPTION
OF THE BLESSED VIRGIN MARY

JOHN PAUL II

ANGELUS

Monday, 8 December 2003

1. “Tota pulchra es Maria – You are all fair, O Mary”.

Today the Church is celebrating the Immaculate Conception of the Blessed Virgin Mary. If Christ is the day that never fades, Mary is its dawn, shining with beauty.

Chosen in advance to be the Mother of the incarnate Word, Mary is at the same time the first-fruits of his redeeming action. The grace of Christ the Redeemer acted in her in anticipation, preserving her from original sin and from any contagion of guilt.

2. This is why Mary is “full of grace” (Lk 1: 28), as the Angel affirms when he brings her the announcement of her divine motherhood. The human mind cannot claim to understand so great a miracle and mystery. It is faith which reveals to us that the Immaculate Conception of the Virgin is a pledge of salvation for every human creature, a pilgrim on this earth. Again, it is faith which reminds us that by virtue of her unique position, Mary is our steadfast support in the arduous struggle against sin and its consequences.

3. This afternoon, following a beautiful tradition, I will go to Piazza di Spagna. In this way, I will pay homage to the Immaculate Virgin. Blessed Pope Pius IX had a statue of her set on a column in eternal memory of the Dogma of the Immaculate Conception, proclaimed on 8 December 1854. With today’s pilgrimage, therefore, we enter the 150th anniversary of that solemn act of the Church’s Magisterium.

I invite you straightaway to join me in praying for the intercession of Mary Immaculate for the Church, for the city of Rome and for the whole world.

After leading the recitation of the Angelus, the Holy Father said:

I am now pleased to greet Cardinal Andrzej Maria Deskur and the members of the Pontifical Academy of Mary Immaculate. I thank you, dear friends, for coming here and for your commitment to spreading the devotion to the Blessed Virgin.

I cordially greet the German-speaking pilgrims, especially the members and friends of the Schönstatt Association. Place your trust in the intercession of Mary, Mater Ter Admirabilis and Mother of the Church. May God’s blessings go with you!

My affectionate greeting to the pilgrims present. May the Immaculate Virgin protect you all.

Sumber Rujukan:

www.karismatikkatolik.org

www.allaboutreligion.org

www.vatican.net/holy_father/john_paul_ii/angelus/2003/

documents/hf_jp-ii_ang_20031208_en.html

Dan beberapa sumber lainnya.

About these ads

31 comments

  1. wahai orang muslim didunia, kita telah diberi pikiran yang sehat atau agil, dimana dapat membedakan yang benar dan yang salah. maka dari itu kita hrs berpedoman untuk hidup di dunia dan akhirat dengan memegang alquran dan assunnah nabi muhammad saw yang benar (shokhi). Sejarah dapat di release dan di update oleh manusia, di mana manusia2x itu mencari kebenarannya secara fakta atau opini sesuai dengan hawa nafsunya. maka kita harus ber hati2x dengan pembicara-pembicara dan sejarawan, yang di terbitkan lewat media dll,karena mulut2x mereka itu dapat menyesatkan, dan juga menyelamatkan. maka dari sejarah rasulallah saw s/d rasulallah meninggal dan sampai terjadinya perang antar muslim dan terbunuhnya keluarga syaidinah Ali oleh umat muslim sendiri, itu FITNAH…! . jadi, soal cerita mudah diganti, kalau soal sejarah yang fakta itu sulit di ganti. maka berhati-hatilah dengan mereka2x yang mulutnya melontarkan kata2x yang busuk,dan berbau bangkai itu. WASSALAM. from………………………..

    —————————————————-

    Sejarah sudah diubah-ubah … ??
    Menurut saya, anda sendiri lagi berupaya mengubah sejarah … ?! :D

    1. wahai saudara,agama apapun itu baik adanya,tidak ada agama itu mengajarkan untuk hal yg tdk baik apalagi untuk membunuh atau menghilangkan nyawa manusia,hanya manusia saja yang mengartikannya yang salah,karena agama apapun itu hanya mengajarkan cinta kasih pada sesamanya,terkadang manusia tidak menyadari kalau dengan tidak mau memahami agama lain itu akan menimbulkan perasaan kalau dirinya itu selalu benar dan cadi congkak

  2. Shalom.

    Ada 3 bentuk Devosi dlm Gereja;
    Latreia (penyembahan), Hyper Doulie (penghormatan khusus) & Doulie (penghormatan).

    Latreia ditujukan untuk Sang Khalik, Hyper Doulie untuk St. Maryam yang Terberkati dan Doulie untuk para Syuhada dan Org Kudus.

    Wassalam.

    —————————————-

    Salam Pak Natan, maaf mau tanya sedikit. Buku apakah yang Pak Natan rekomendasikan untuk saya kalau mau mengetahui seputar kajian Latreia dan hyper Doulie. Terima kasih sebelumnya.

    Salam.

  3. Dalam Gereja Rasuliah, ada tiga bentuk Devosi;
    1. Latreia 2. Hyper Doulie 3. Doulie

    Latreia (Penyembahan) hanya ditujukan pada Sang Khalik, Hyper Dopulie (penghormatan khusus) untuk St. Maryam yg Terberkati dan Doulie (penghormatan) untuk para Syuhada dan orang kudus.

    We Shalom

    ————————————————-

    Syalom lakhem Pak Natan,

    Senang berkenalan dengan anda. Saya selalu mengagumi devosi umat Katolik atas pribadi Yesus dan Maryam serta para martir. Semoga Islam dan Katolik, pada suatu saat nanti, akan bersatu di saat kedatangan Yesus yang kedua dan juga kehadiran Imam kami Muhammad Al-Mahdi afs untuk menentang kezaliman yang sudah diderita umat manusia. Terima kasih atas kunjungannya Pak.

    Salam sejahtera Pak Natan.

  4. Apa yesus pernah mendirikan gereja?” dan apakah yesus pernah memerintahkan/ mengajarkan org2 utk melekukan peribadatan seperti berdoa ke greja. TIDAK kan Jd smuanya salah penafsiran. Jngn pernah mencari injil yang asli karena pada intinya agama sudah disempurnakan yakni ISLAM.

    ————

    Gereja ??? Apa hubungan artikel ini dengan Yesus pernah mendirikan gereja ???
    Jangan pernah mencari Injil yang asli?
    Memang Injil yang asli itu ada dimana Mas?
    Memangnya Al-Qur’an pernah mengatakan bahwa ia (entah sebagian atau keseluruhan) adalah Injil yang asli?
    Terus bagaimana anda bisa beriman sama kitab-kitab terdahulu seperti yang dinyatakan Al-Qur’an sebagai syarat keimanan seorang Muslim?
    Dan apakah anda bisa beriman tanpa melalui proses pengetahuan??

    Please deh …

    1. Yesus bersabda”Dan engkau Petrus,di atas batu karang ini Kudirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya”.
      Sabda ini menampilkan bahwa Kristus mendirikan Gereja dengan Petrus sebagai Wakil Yesus di bumi myang kemudian digantikan oleh para bapak suci(paus) setelah Petrus wafat.

  5. skrng saya tanya , d artikel ini anda cenderung menyudutkan Islam yg ktnya anak cucu Nabi telah di bunun oleh kaum Muslim sndri. Maka saya kurang setuju dengan pendapat anda tentang paus seperti itu’ Anda muslim tp anda membanggakan Agama lain’ GAK SEMUA YG LO DENGER ITU BENER, jd paus itu berada d dalam kesesatan. walaupun dia cinta damai karena dia sudah menyekutukan ALLAH. dan itu dosa besar Musrik. masalah greja pikir z sendri Ikan paus itu kan ska k greja tentunya. injil yg asli skarang udh ada tdk ada karena sudah banyak yg dirubah oleh umat kristen sendri. Emang dia Tuhan bisa bikin aturan sendri.
    Saya beriman kpd kitab2 terdahulu melalui Iman qta kpd Al-Quran dan Hadist yg mengupas dan menjelaskan itu smua.
    Saudaraku yg sedang tersesat sesungguhnya kmu itu dan saya Iman nya belum kuat jd jgn pernah mendengarkan Bujukan2 itu Ingat Syetan terus menggoda qta agar qta masuk ke dalam api neraka bersama2.

    ————–

    Menyudutkan dari mana Mas? Itu fakta sejarah Mas …! :)

    Bukankah Tanah Fadak telah dilarang dari Sayyidah Fathimah as? Apakah pelakunya Yahudi, Kristen ataukah umat Muslim sendiri? Coba baca disini.

    Siapakah yang membunuh Ali bin Abi Thalib as? Apakah pelakunya Yahudi, Kristen ataukah umat Muslim sendiri?

    Siapakah yang membunuh cucunda Rasulullah saw, Hasan bin Ali Abi Thalib as? Apakah pelakunya Yahudi, Kristen ataukah umat Muslim sendiri?

    Siapakah yang membantai Imam Husein as dan keluarga Nabi saw di Karbala? Apakah pelakunya Yahudi, Kristen ataukah umat Muslim sendiri?

    Kok … menyudutkan! Kalau dusta itu baru menyudutkan Mas?!

    Mas … Mas …! :mrgreen: Saya bukan membanggakan agama lain, tapi saya membanggakan kepribadian orang seperti mendiang Paus Yohanes Paulus II dan memang faktanya dia adalah orang yang bermoral dan punya budi pekerti!

    He …he… Mas … sebaiknya jangan semua yang anda dengar itu anda anggap benar!

    Buka mata, buka telinga, dan yang terpenting buka hati anda …!

    Anda bilang bahwa dia pasti musyrik dan pasti sesat … memangnya anda kakaknya Allah Swt?! He he he … :mrgreen:

    Sebaiknya kita pikirkan nasib kisa saja Mas di akhirat nanti, dan gak perlu menghukumi orang lain …

    Tetap saja artikel ini tidak ada hubungannya dengan Gereja.

    Jadi gak perlu mengarang sesuatu yang muncul di imajinasi anda lalu membuat berbagai justifikasi-justifikasi … :lol:

    Kalaupun kitab Injil misalnya sudah berubah, maka itu bukan berarti Injil sudah tidak ada?!

    COba deh Mas … Kan anda ini kelihatannya masih sekeluarga dengan Allah … hi hi hi :mrgreen: dan tahu mana Injil asli dan mana Injil palsu …

    Apalagi anda menggunakan Al-Qur’an sebagai alat justifikasi, maka saya mau tanya satu hal saja kepada anda …

    Sebutkan kepada saya 1 ayat (gak perlu dua ayat) saja dari dalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa semua isi Injil saat ini adalah salah 100% … ?!

    Ada ayatnya?! :mrgreen:

    Anda mengatakan “Emang dia Tuhan bisa bikin aturan sendri”

    Jika demikian, lalu kenapa anda seolah-olah sudah tahu siapa yang sesat sehingga layak masuk neraka, dan siapa yang beriman sehingga masuk sorga … ?!

    Anda mengatakan bahwa anda adalah orang yang beriman kepada kitab-kitab terdahulu …

    Nah begini Mas, bagaimana anda bisa beriman tanpa mengetahui kitab-kitab terdahulu …? Mungkinkah manusia bisa percaya kepada sesuatu atau seseorang tanpa mengenal sesuatu atau seseorang tersebut?!

    Iman itu adalah buah pengetahuan dan bukan duga-dugaan, karena “percaya” kepada sesuatu atau seseorang tanpa ilmu pengetahuan hanya dugaan alias dzan dan bukan iman.

    Kalau anda sendiri masih belum tahu apakah anda sudah beriman secara benar ataukah belum? Lantas mengapa anda menghakimi orang lain?!

    Sebaiknya kita meningkatkan pengetahuan kita terlebih dahulu, jadi iman yang ada di dalam diri kita adalah buah pengetahuan dan bukan tebak-tebakkan …

    he he he … :mrgreen:

    Salam damai bersama Kristus … ;)

  6. Cba anda yg membalas comment cba kmu ikut tranning ESQ, atu Asmaul Husna ada d darul tauhid bandung. Kamu akan menemukan jawabannya.

    ————-

    Engga mau aah … nanti komentarnya kaya sampean juga … kan anda dan komentar yang sebelumnya IP-nya sama … hi hi hi … :mrgreen:

  7. Assalamualaikum’

    Cba anda ikut tranning ESQ, atu Asmaul Husna ada d darul tauhid bandung. Kamu akan menemukan jawabannya.
    yg anda gunain itu otak bukan nurani kepercayaan bahwa setelah meninggal itu ada kehidupan yg abadi. kmu non muslim yah?’ sry ne sblm nya. ya sudah jalani z yg mnurut lo bnr. tp klo bsa cba kmu ikut traning ESQ klo g da duitnya ikut Asmaul husana aza d bandung pond pes nya AA GYM.
    oke bozz
    wassalamualaikum

    ———-

    Wa’alaikumsalam. Gak mau Mas … saya sudah tahu akibatnya … :mrgreen:

    Siapa yang membicarakan kehidupan abadi Mas? Saya membicarakan budi pekerti mendiang Sri Paus dan keutaaman Sayyidah Maryam as. Sementara devosi umat Katolik kepada Sayyidah Maryam as sangat luar biasa … mengapa kita Muslim tidak melakukan hal serupa kepada Sayyidah Fathimah as yang disebut Rasul saw sebagai Sayyidatunnisa al-’alamin … haaaih …. :( Dan di artikel ini, saya mencoba untuk mengupas kenapa banyak Muslim kok tidak meneladani Sayyidah Fathimah as dan keluarganya?

    Padahal kalo kita ngaku Muslim, maka mencintai keluarga Nabi saw itu hukumnya WAJIB.

    Lucunya kok anda malah promisi kursus … ?! Coba artikel saya itu di baca dulu semuanya … Ok Bozz. ;)

  8. Eh boZz IkaN PaUz
    klo ngomong ati2′
    TUHAN kmu pakein baju gieh g sopan tau banyak org kok telanjang Ntr mazuk ANgiN.
    kmu z pke bju msa yg lo sembah g d kasih si penganut macam apa kmu ne.

    Hakahak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    Huu,,,,,,,,,,,,,,,

    ————-

    :D ha ha ha … ini dia hasil ESQ dan durus asmaul husna-nya ? …

    Sabar Mas … Kan orang belajar ESQ itu seharusnya bisa sabar dan menahan nafsu amarah yang lawwamah… hi hi hi :mrgreen:

    Gak kaget sih … kan udah lebih heboh sebelumnya … hi hi hi :mrgreen:

    Mas … Islam itu mengajarkan agar kita menuntut ilmu-ilmu Islam dulu, lalu baru bisa muncul iman.

    Setelah itu baru anda beramal. Gak ada yang instan.

    Kalo anda pakai naluri dan tidak pakai akal … yah beginilah hasilnya gara-gara pakai instink/naluri/gharizah…

    Mas, saya ini lahir Muslim, keluarga saya Muslim … he he he … parahnya lagi … anda bahkan tidak klik About diri saya, yang jelas-jelas saya belajar Islam ke Cairo sana …

    Mas … kalo kita hanya bermodalkan naluri, maka kita takkan mampu menjustifikasi mana yang benar dan mana yang salah.

    Sebab, segala bentuk “kepercayaan” yang muncul tanpa proses pengetahuan … yaa hasilnya kaya gini … atau Islam menyebutnya sebagaidzan alias duga-dugaan saja …

    Mas … penghinaan anda salah alamat … he he :D

    Mas … senam itu penting, tapi sebaiknya belajar teori senam dulu biar gak salah urat … he he he :mrgreen:

    O ya … soal ayat Al-Qur’annya sudah ketemu? :D

    Syalom lakhem

    1. sudah pak uztad, gausah ditanggapi komen seperti itu..dia hanya ingin merusak tali persaudaraan antar agama..hanya menjadi sampah dunia..biar Yang Diatas yang akan menghakiminya nanti..

  9. ok’ lah pa jare bae.
    gw mw tanya mas klo doa kumail itu doa apa mas?’
    ke utamaanya apa?’

    Menurut riwayat Ahlubait as, doa Kumail adalah doa Rasul saw yang diajarkan kepada Imam Ali as dan yang beliau as ajarkan kepada Kumail bin Ziad ra, seorang sahabat beliau. Doa ini juga dikenal sebagai doa Khidr as. Keutamanya sangat banyak. Doa Kumail dibaca setiap malam Jum’at, Nisfu Sya’ban atau pada saat seseorang merindukan Allah swt, Rasul saw dan para Imam as.

    Fadhilahnya banyak, salah satunya adalah menggugurkan dosa-dosa, membuka pintu rizki, memudahkan urusan dan masih banyak lain-lainnya.

  10. mas gw mnta doanya c?’ perlu banget barang kali saja Saya bza ziarah ksana. oiya bozz ktnya jg doa kumail itu doanya para kaum syiah’ d makam nya Nabi masz” gw mnta doanya yah mas. trz d jwb yo0o pertanyaan nya.
    kekekekk,,,,,,,,,,,, ,,,,,
    sry ngrepotin Ne

  11. antar agama tidak bisa berdebat / membenarkan satu sama lain ,mengapa?krena saya membawa merah, dan anda membawa kuning akibat nya tidak bisa bertemu..alias ga ada hasil,kecuali terputus nya tali persaudaraan ……………..dan juga kmi berprinsip…(ALLOH ADALAH ESA(TUNGGAL)ALLOH TIDAK BERANAK DAN TIDAK PULA DIPERANAKAN , ALLOH MAHA BERDIRI SENDIRI,,,,,DAN BAGIKU AGAMA KU DAN BAGIMU AGAMA MU………………..

    sAya mau tanya ???apakah tuhan bsa didiskripsikan dengan foto /gambar……ataupun patung…..masak gambar nya sama dengan manusia ,,,,,,,,tuhan kan maha segalanya a

  12. Saya Pribadi salut akan keilmuan anda tentang agama…mungkin harusnya orang muda yang seperti andalah yang bisa membawa kita ke Persaudaraan yang sejati,karna sesungguhnya perbedaan itu adalah hal terindah yang diciptakan Nya…..

    Salam dan terima kasih .

    Sukses selalu … ;)

  13. sedih ya melihat jaman sekarang, jaman yang semakin majemuk, semakin kacau. Padahal kita tidak bisa menebak kapan kita akan dipanggil ALLAH atau bahkan kiamat. Semua saling mencibir, seolah masing2 PALING BENAR. Setahu aku iman itu adalah sebuah misteri yang paling sukar untuk dipecahkan. Apakah kita tahu seberapa besar dosa yang kita buat ? ; apakah kita tahu seberapa besar iman kita ?
    Semua jawaban itu yang tahu hanyalah ALLAH.
    Seberapa besar ilmu yang kita miliki tidak akan mampu menjawab 2 pertanyaan diatas, bahkan pendapat dari ahli sejarah, budayawan, Paus, Ustad, ataupun pemimpin agama tertinggi manapun.
    Marilah kita kembali Fokus kepada ALLAH.
    Kita semua sama2 mengakui bahwa ALLAH maha segalanya. Jadi apapun pendapat, pengalaman pribadi atau kesaksian2 bukan menjadi sebuah penghalang kedamaian, melainkan sebuah semangat kita untuk semakin memuliakan dan menyembah ALLAH dan semakin memperkokoh kesatuan kita, mengingat dunia ini sudah mulai tidak menghargai jiwa manusia.
    Bagi aku agama itu hanyalah sebuah kendaraan yang kita gunakan menuju ke tujuan yang sama, jadi sesama penumpang dilarang saling serobot.
    Sayangilah sesamamu seperti engkau menyayangi dirimu sendiri.

    Wassalam…….
    Salam Damai……
    Pax Christi…..
    Semoga semua makhluk berbahagia……

    Amin……amin…..amin…..

  14. Allah menciptakan akhlak, Allah menciptakan manusia menyenangi akhlak yg baik, Allah menciptakan akhlak sebagai sesuatu yg universal.
    Apakah akhlak yg baik menjadi salah/buruk ketika dilakukan oleh orang yg tdk segolongan dg kita? Apakah tersenyum, murah hati, membantu org miskin menjadi salah krn yg melakukannya yg tdk segolongan dg kita?
    Bukankah memuji akhlak yg baik bagian dr akhlak yg baik pula?
    Bukankah mengagumi akhlak yg baik jg berarti mengagumi Sang Pencipta?.
    Apakah jk kt bertemu dg seseorg yg berakhlak baik sebelum kt kagum (berniat mencontoh akhlak tsb) maka kt tanyakan dl golongan agamanya?

    Wassalam

  15. knapa kita harus repot atau bingung??…
    alangkah baiknya bila kita melihat segala sesuatu dari segi yang positif..
    kita tidak perlu melihat dia dari agama, suku, bangsa yang sama dengan kita atau tidak…
    selama dia berbuat baik dan patut menjadi panutan kenapa tidak kita tiru saja??…
    fokus dari artikel ini kan bukan masalh agamanya tapi masalah kepribadian si Paus itu sendiri… mungkin klw ada ustad yang berbuat/berkepribadian yg sama kita patut meneladaninya juga…
    jadi ga usah pusing dengan segala macam tetek bengek yang di luar konteks artikel ini…
    sgala sesuatu yg tidak berhubungan dan tidak di filter terlebih dahulu dpt memecah persaudaraan…
    bukannya kita semua bersaudara??…
    emg ujian yg paling susah bagi manusia adalah bagaimana kita selalu melihat segala sesuatu dari segi yg positif….

    please, kalau mengkomentarin sesuatu jgn yg menimbulkan perpecahan tapi komentarlah selayaknya org yg berpendidikan dan berhati nurani, dan jangan keluar dari isi artikel tersebut…. ingat setan ada dimana-mana, dia dapat berwujud apapun….
    saya yakin saudara/i dapat berpikir atau mencerna segala informasi yang ada dengan jernih,iman dan dengan akal sehat…karena kita manusia beda dengan binatang….

    trima kasih….

  16. ketika kita mengagumi seorng hamba berarti kita harus berzikir, mas, maaf, dy ga akui Allah sebagai penciptanya,

    Kata siapa mas? memangnya anda sudah dikasih wewenang oleh Allah sehingga bisa mengetahui lubuk hati seseorang yaa … pls deh … :mrgreen:

    jd lebih baik anda belajar aqidah dengan benar, oy lupa, “Barang siapa menyerupai suatu kaum, berarti dy menjadi bagian dari kaum itu sendiri”

    Mas, anda pakai celana panjang setiap hari atau pakai gamis? Kalau pakai gamis berarti selain anda mirip kaum Arab paska jahiliyah, berarti anda juga mirip dengan kaum kafir Quraysh masa lalu … :lol:
    Kalau anda pakai sepatu dan tidak pakai terompah, berarti anda mirip bangsa eropa. Dan kalau pakai terompah atau sendal jepit berarti anda mirip kaum kafir Quraysh masa lalu atau kaum Cina … :lol:
    Kalau anda pakai kemeja begitu juga …
    kalau anda pakai hape begitu juga …
    Mas, saran saya jangan asal comot hadis, lalu dicocok-cocokan dengan selera ke-Islam-an yang ada di benak anda …
    Yang Nabi saw maksud dengan tashabbaha itu dalam hal apanya?
    Memahami substansi suatu hadis itu ada ilmunya, jadi jangan asal pas menurut pemahaman anda, berarti itulah yang benar. Sebaiknya belajarlah dari kisahnya Murid Teladan Rasulullah saw …

    Kalo anda muslim trus shalat, kenapa yg di angkat ga Rasulullah, di saat org2 melupakannya,

    Makanya … baca dulu artikelnya, dan jangan judulnya saja …

    mas, saatnya melakukan hal yg bermanfaat untuk islam, istighfar mas3X

    Benar mas, jadilah Muslim yang bermanfaat dan ambilah pelajaran berharga dari Imam Ali bin Abi Thalib as …

    moga anda di beri petunjuk dengan nikmat yg anda miliki

    Sama-sama mas, semoga kisah yang sengaja saya kutip dari Injil Matius ini bisa memberi anda petunjuk dan arahan agar menjadi seorang Muslim yang bermanfaat.
    ;) … Salam damai bersama “Kristus”

    “Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.

    Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

    Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.
    Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.” (Matius 9:10-13)

    wassalam

  17. aSS.WR.WB

    UNTUK PARA WAHABI…..
    BIAR PIKIRAN MEREKA JERNIH DAN BERSIH DARI KOTORAN TTG SYIAH…BAHWA PRINSIP SYIAH (prinsip islam sebenarnya)adalah siapapun manusianya baik kapirun ataupun muslim selama mereka tdk dzalim dan menghormati agama lain kita akn selalu baik & menghargainya, but kalaupun sebaliknya kita akan tdk respect hatta mereka muslim .
    sekalipun. AL amru baina al amrain
    jelas sangat berbeda dengan wahabi dimana asal mereka muslim dan melakukan solat kalau dia dzalim dan munkar akan di bela matimatian apalagi dia sbg pemimpin wajib diikuti whatever……

  18. BULLSHIT bagi smua yang udah njelek2in agama laen
    inget namanya tuh PAUS bukan IKAN PAUS..kmu bilang musrik2 mlulu tpi kenyataannya di ISLAM kalo uztadnya lgi ceramah pasti nyudut2in agama laen..
    tapi,ini bener,kami ORANG YNAG BERAGAMA KATHOLIK GAK PRNAH SEKALIPUN NJELEK2IN AGAMA KALIYAN..tapi kayaknya agam kalian itu slalu memeperjelek agama yang laen deh..
    makanya mb/mas seblum ngmong buktiin dulu!
    uadah deh mending kita tuh damai..bersatu..kami masih mau kok menerima kalian walopun udah pernah ngebom gereja,fitnah kekami..coz ajaran TUHAN YESUS tuh ttg cinta kasih=’kasihilah musuhmu dan doakanlah selalu bagi dia’
    gitu lho.. :)
    salam damai..

  19. Dear pak natan,

    Bener kan nama anda Pak Natan?saya senang sekali membaca aritkel yg membahas paus, anda sungguh orang yg bijak dan tidak fanatik. Saya khatolik tetapi tante dan om saya dari ibu saya muslim semua. Tetapi kami bisa hidup berdampingan tanpa merendahkan agama lain. Setiap hari raya Idul Fitri saya dan keluarga selalu ikut serta, begitupun dg saudara2 saya yg laen jika Natal mereka sll datang ke rumah saya untuk mengucapkan Selamat Natal.
    Kami tidak pernah berpikiran sempit yg hanya hidup dg menjelek2an agama lain, karena blm tentu kita sendiri itu sudah benar dan suci….
    Saya hanya mau bilang hidup dalam rasa saling menghormati n menghargai itu indah sekali.Jadi tidak perlu kita saling mngejek dan menghina agama lain……

    Salam damai Kristus

  20. Aduh ngapain sih bawa2 ESQ??

    ESQ itu salah satu sarana umat muslim untuk dapat bertaubat, mengenal dan membangkitkan ruhnya, sejarah itu punya bagian dan sarananya sendiri, gk malu apa kliatan jaka sembungnya..

    Kalo mau kebenaran gk ada bedanya dengan shalat, semua harus dimulai dengan niat yang khusyuk, mungkin kebanyakan orang tidak dapat menerima kebenaran karena maqam ilmu seseorang berbeda2

  21. jgn lah kita berbicara dan bertengkar tentang sebuah perbedaan yg tak akan pernah kita dan kalian pahami ,sebab ada saat dimana kita diharuskan untuk tidak kita mengerti suatu permasalahan yang tuhan ciptakan ,sebab tuhan menciptakaan perbedaan untuk membentuk persatuan ,perdamaian ,dan penyempurnaan .tetapi kita manusia selalu mencari dan mengangap diri dan hidup kita sempurna yang berahir dengan kesombongan dan ketamakan akan pengetahuan dan segala sesuatunya yang kita miliki padahal kita belum memilikinya . dialah alfa dan omega (awal dan ahir) , dialah sang pencipta dan dialah sang penebus dosa ,dialah yang telah membuat kita berada ,hidup dan bernapas di dunia yg telah dia ciptakan ini .tidak ada satu pun yang mustahil baginya ,sebab hanyalah sang penciptalah yg dapat mengubahnya ,dia telah membuat kita serupa dengan nya tetapi dia tidak membuat kita sempura sepertinya ,itulah yang membuat perbedaan antara kita dengannya .
    apapun yang kalian bela dan yang kalian bicarakan ,akan kita ketahui bersama kenyataannya pada suatu hari nanti dimana dia akan datang dan terlahir kembali untuk membersihkan dunia dari noda dosa yang telah kita perbuat .
    saudara saudara ku jangan lah kita membahas perbedaan ini lagi sebab masalah perbedaan tidak lah akan berahir ,apalah yang membuat orang ini berkulit putih ataupun berkulit hitam ,apakah yng membuat orang ini pendek dan apakah yang membuat orang ini tinggi ,apakah yang membuat orang ini buta atau tuli sedangkan kita bisa melihat dan mendengar . dan beribu ribu perbedaan yang ada didalam nya dan kita pun tidak pernah selalu dapat menjawabnya ,mungkin beberapa orang dapat menjawabnya secara ilmiah dalam bahasa iologis dan sebagainya ,tetapi dari manakah asal mulanya tidak satu pun yang mengetahuinya selain tuhan sendiri .

  22. Mas Musadiq,
    Artikel yang sangat menarik….dan komentar atas tanggapan yg sangat berbobot.
    Saya seorang Kristen, keluarga saya juga Kristen jawa, tapi beberapa bibi dan paman saya Muslim, haji dan hajah dari Nahdlatul Ulama tinggal di Probolinggo. Kami sangat menikmati perbedaan ini, tidak pernah ada masalah di antara kami, bahkan perbedaan itu yang justru menguatkan rasa persaudaraan kami. Keluarga kami merayakan Natal dan juga Idul Fitri :) itulah saat kami berbagi suka dan kasih. Saya pengagum almarhum KH Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid. Bagi saya sosok-sosok ketokohan muslim seperti mereka yang benar-benar mencerminkan Islam sebagai agama rahmat bagi alam.
    Wassalam,
    Rangga

  23. yaaahhhhh,…… udah jelas ni blog propaganda orang2 syi’ah!!!!!!

    UNTUK SEMUA KAUM MUSLIMIN HARAP JANGAN TERTIPU DGN PROPAGANDA KAUM SYI’AH!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s